TIPS BIAR MOTOR BISA LARI CEPAT
JURUS PERTAMA :
Gambar di samping ada 3 buah karburator ,kemarin saya telah beri ulasan di tips korek mesin yang saya buat, tetapi saya belum kasih tau kalian mana yang di sebut karburator.
Gambar
diatas saya beri nomor urut 1 sampai 3 sebenarnya pada gambar 1sampai 3
semua itu gambar karburator bukan ukuran standar bawaan motor, bikin motor kamu jadi kenceng bisa maenin
karburator aja dengan cara mengganti sepuyernya dengan ukuran yang lebih
besar ,tapi aku saranin buat motor yang benar-benar standar kamu naikin
spuyer jangan terlalu besar minimal kamu naikin 5 sampai maksimal 10,tapi
kalo kamu mau rombak yang agak ekstrim kamu bisa lemer karbu kamu, biasanya
ada batasan buat ngelemer karbu ,aku saranin kamu lemer 1,5 sampai
2mm,itu juga ga bisa kamu kerjain sendiri kamu musti singgah ke tukang
bubut.
Jadi gak bisa sembarangan and kamu
anggap enteng karna kalo lemer karbu resikonya sangat besar,karbu
gak bisa di balikin jadi standar lagi dan kalo salah sedikit aja pada
lemeran itu berakibat motor kamu susah di seting dalam arti kata jadi
ngawur tu setingan,jadi aku saranin buat pemula kamu cukup main sepuyer
aja karna gak beresiko tinggi dan bisa di balikin jadi standar lagi.
JURUS KEDUA :
Di atas kamu bisa liat, itu yang di namain CDI atau
banyak orang awam bilang perangkat pengapian tapi sekali lagi aku minta
maaf sama kalian karena semua contoh gambar tersebut aku ambil dari INTERNET semua, karna aku gak punya kamera digital maklum orang susah.
Buat
yang satu ini aku gak bisa ngasih penjelasan yang kongkrit karna dalam
pembelajaran gw CDI atau perangkat pengapian ini sudah di buat
permanen,kita semua gak bisa ngerubah apa lagi kutak kutik tu CDI bisa
gak idup motor lo alias MAMPUS,tapi semua itu ada jalan keluarnya ,lo
liatkan gambar diatas ada 2 CDI,yang gak ada logonya itu CDI standar
pabrik and yang satunya CDI racing,setiap motor standar biasanya
perangkat CDInya menggunakan CDI yang LIMITER sehingga kita
tidak bisa geber motor hingga maksimal karna sudah dipatok hanya bisa
digeber misalkan Cuma 10000rpm gak bisa lebih ,sedangkan CDI racing
pada gambar yang ada disamping gambar CDI standar tersebut menganut
sistim CDI unlimiter artinya rpm yang di hasilkan gak dipatok bahkan bisa melampaui rpm standarnya.
Oleh
karna itu aku saranin ma kalian jangan main-main sama perangkat yang
satu ini,mending langsung lokamu ganti aja CDI yang standar ama yang RACING
.
JURUS KETIGA :
Yang ketiga ini adalah NOKEN AS atau bahasa mekaniknya CAMPSAFT ,NOKEN
AS ini berfungsi untuk mengatur keluar masuknya pasokan bahan bakar
yang akan diproses sampai menghasilkan tenaga pada mesin motor
kalian,dalam dunia balap motor ini adalah perangkat sakti buat para
tuning mesin ,karna perangkat ini sangat-sangat sensitive jika salah korek sedikit aja motor langsung ogah lari alias lemot,para mekanik punya jurus masing-masing dalam memodifikasi NOKEN AS.
Tapi aku punya bocoran sedikit buat kamu bro yang suka bikin kencang motor
apalagi bagi para jago balap liar,moga-moga bocoran aku ini bisa kamu
terapin sama motor kamu ,sebelum kamu korek NOKEN AS, motor kamu harus paham dulu apa aja yang harus kamu perhatiin.
Pertama –tama kamu ukur camp standarnya baik yang IN maupun yang EX dengan alat ukur yang namanya SIGMAT,trus kamu catat LIFT nya berapa trus LSA
nya juga,kalau untuk motor standar korek kita tidak perlu EXTRIM untuk
memangkas campnya,cukup mengambil 0,5mm dari ukuran standar motor udah
sangar,tapi dalam hal ini kamu jangan salah tanggap jangan pikir
kalo kamu udah pangkas CAMP nya motor kamu langsung ngacir, harus
(KUDU)ngukur KOMPRESI motor karna CAMP yang dah diubah tadi membutuhkan pasokan bahan bakar yang gak sedikit lagi,jadi OTOMATIS KOMPRESI MOTOR harus diukur ulang untuk mendapatkan POWER yang MAKSIMAL.
Setelah diubah ukur KOMPRESI menggunakan Alat ukur KOMPRESI yang dinamakan (BURED),karna
dengan mengukur KOMPRESI ulang kita dapat mengetahui perbandingan
KOMPRESI standar dengan setelah kita rubah,karna kelebihan KOMPRESI juga
gak bagus,mengakibatkan motor galak di bawah atasnya mandek juga bisa
mengakibatkan kemacetan pada SEHER (PISTON),sebelum mencoba trik di atas alangkah baiknya kalian mempelajari dahulu cara-cara tuning CAMP agar tidak menjadi penyesalan dikemudian hari,semoga tips yang singkat dari saya ini bermanfaat.
sumber : http://faizalablog.blogspot.co.id/2011/03/tips-biar-motor-bisa-lari-cepat.html
sumber : http://faizalablog.blogspot.co.id/2011/03/tips-biar-motor-bisa-lari-cepat.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar